PROGRAM
KERJA
KEGIATAN
EKSTRAKURIKULER PRAMUKA
GUGUS
DEPAN PANGKALAN
SD NEGERI ANDONGSARI 03
TAHUN
PELAJARAN 2014/2015
IMPLEMENTASI
KURIKULUM 2013
Disusun Oleh
TIM EKSTRAKURIKULER PRAMUKA
GERAKAN PRAMUKA GUDEP
PANGKALAN SDN ANDONGSARI 03
2014
KATA
PENGANTAR
Puji syukur kami
ucapkan ke hadirat Allah SWT, atas rahmat dan hidayah-Nya kami dapat
menyelesaikan penyusunan Progran Kerja Ektsrakurikuler Pramuka Gugus Depan
Pangkalan SDN ANDONGSARI 03pada tahun ajaran 2014/2015.
Program kerja ini
merupakan acuan bagi Pembina Pramukan serta Dewan Kerja Penggalang Gudep Pengkalan SDN ANDONGSARI 03untuk menjalankan
aktivitas atau kegiatan kepramukaan di lingkungan SDN ANDONGSARI 03.
Diharapkan dengan
selesainya penyusunan program kerja ini pelaksanaan kegiatan kepramukaan pada
Gudep Pangkalan SDN ANDONGSARI 03dapat
terarah, terencana dan berhasil dengan baik sehingga berkontribusi postif
bagi peningkatan mutu pendidikan di
liungkungan SDN ANDONGSARI 03.
Kami menyadari
bahwa dalam penyusuan program kerja ini masih jauh dari sempurna. Oleh sebab
itu saran dan kritik yang membangun akan kami harapkan demi kesempurnaan
Progran Kerja Ektsrakurikuler Pramuka Gugus Depan Pangkalan SDN ANDONGSARI 03.
Akhirnya semoga program kerja ini bermanfaat bagi kita semua.
...................., 14 Juli 2014
Team Penyusuan
DAFTAR
ISI
HALAMAN JUDUL ………………………………………………………..
|
i
|
||
HALAMAN PENGESAHAN ……………………………………………..
|
ii
|
||
KATA PENGANTAR ………………………………………………………
|
iii
|
||
DAFTAR ISI …………………………………………………………………
|
iv
|
||
BAB I
|
:
|
PENDAHULUAN
…………………………………………..
|
1
|
|
|
A. Latar
Belakang ……………………………………………
|
|
|
|
B. Dasar
Kegiatan ……………………………………………
|
|
|
|
C. Tujuan
……………………………………………………..
|
|
|
|
D. Sasaran
…………………………………………………….
|
|
BAB II
|
|
VISI MISI
EKSTRAKURIKULER PRAMUKA GUGUS DEPAN PANGKALAN SDN ANDONGSARI 03
A. Visi
Gudep SDN
ANDONGSARI 03
B. Misi
Gudep SDN
ANDONGSARI 03
|
|
BAB II
|
:
|
PROGRAM EKSTRAKURIKULER
PRAMUKA ……
|
|
|
|
A. Program
Umum…………………………. ………………
|
|
|
|
1.
Bidang Kegiatan dan Latihan Peserta Didik ………….
|
|
|
|
2.
Bidang Pendidikan Orang Dewasa …………………….
|
|
|
|
3.
Bidang Sarana dan Administrasi ………………………
|
|
|
|
4.
Bidang Keuangan ………………………………………
|
|
|
|
B.
Penjabaran Program dalam Semester …………………….
|
|
|
|
C.
Penjabaran Masing-Masing Program ……………………
|
|
|
|
D.
Silabus Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Gudep SDN ANDONGSARI 03
|
|
|
|
|
|
BAB III
|
:
|
ORGANISASI
DAN TATA KELOLA
|
|
|
|
A. Susunan
Majelis Pembimbing Gugus Depan …………..
|
|
|
|
B. Susunan
Pengurus Dewan Kerja Penggalang …………..
|
|
|
|
C. Dewan
Kehormatan Penggalang ………………………..
|
|
|
|
D.
Struktur Organisasi Gudep ………………….
E.
Pengelompokkan Peserta / Anggota
F.
Pelaksanaan Latihan / Kegiatan
|
|
|
|
|
|
BAB IV
|
:
|
PENUTUP
…………………………………………………..
|
|
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pendidikan
Kepramukaan merupakan kegiatan ekstrakurikuler yang wajib dilaksanakan di
sekolah. Kegiatan dilaksanakan melalui Gugus Depan Gerakan Pramuka yang
berpangkalan disekolah. Melalui pendidikan Kepramukaan ini dapat dilakukan
pembinaan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Kehidupan berbangsa dan
bernegara berdasarkan Pancasila, pendidikan pendahuluan bela Negara,
kepribadian dan budi pekerti luhur, berorientasi, pendidikan kewiraswastaan,
kesegaran jasmani dan daya kreasi, persepsi, apresiasi dan kreasi seni.
Gerakan
pramuka sebagai satu-satunya wadah kegiatan kepanduan di sekolah merupakan
tempat pendidikan bagi anak-anak yang dilaksanakan dengan penuh kegembiraaan,
penuh pendidikan dan dilakukan di luar jam-jam sekolah maupun jam-jam keluarga.
Sebagai satu-satunya kegiatan kepanduan, pramuka diharapkan dapat memberikan
peranan penting dalam peningkatan dan pembentukan sikap dan mental peserta
didik pada sikap yang baik. Sikap baik dalam arti berakhlaq mulia, sopan
santun, rasa cinta kasih sesama, patriot, suci dalam segala pikiran maupun
perbuatan, bertaqwa kepada tuhannya, dan segala sikap yang lain. Pendek kata
diharapkan anggota pramuka dapat melaksanakan Dasa Dharma dan Tri Satya yang
merupakan kode etik dan janji pramuka.
Untuk lebih berperan aktif dalam pembentukan sikap,
dalam gerakan pramuka perlu adanya keseragaman langkah bagi pengelola gerakan
pramuka yang tergabung dalam suatu gugus depan. Ada keterkaitan erat antara siswa didik
sebagai anggota pramuka, pembina pramuka dan unsur majelis pembimbing gugus
depan. Tanpa kerja sama yang baik dari unsur-unsur tersebut rasanya tidak
mungkin pramuka berperan aktif dalam pembentukan sikap peserta didik.
Oleh sebab itu untuk penyelarasan dan penyeragaman
langkah, perlu disusun suatu program kerja gugus depan yang berisikan segala
sesuatu yang dapat mengatur langkah dan gerak dari gugus depan tersebut.
Program kerja sebagai rambu-rambu pelakasanaan kegiatan kepanduan di sekolah
merupakan acuan yang wajib dilaksa-nakan oleh unsur-unsur pengelola gugus depan
tersebut.
B. Dasar Kegiatan
Yang
menjadi dasar penyusunan program kerja gugus depan pramuka adalah:
1.
Keputusan Presiden Republik
Indonesia Nomor 238 Tahun 1961 tentang Gerakan Pramuka
2.
Keputusan Kwartir Nasional
Gerakan Pramuka Nomor 107 Tahun 1985 tentang Petunjuk Penmyelenggaraan Gerakan
Pramuka di Gugus Depan
3.
Keputusan Kwartir Nasional
Gerakan Pramuka Nomor 041 tahun 1985 tentang Petunjuk Pelaksanaan Administrasi
Satuan Pramuka.
4.
Keputusan Presiden Republik Indonesia nomor
57 Tahun 1988 tentang Pengesahan Anggaran Dasar Gerakan Pramuka
5.
Keputusan Kwartir Nasonal
Gerakan Pramuka Nomor 107 Tahun 1999, tentang Anggaran Rumah Tangga Gerakan
Pramuka
6.
Keputusan Kwartir Nasional
Gerakan Pramuka Nomor 045 Tahun 2003 tentang Pokok-pokok Pengorganisasian
Gerakan Pramuka.
7.
Program kerja sekolah yang
dijabarkan dalam program kerja urusan kesiswaan SDN ANDONGSARI 03tahun
pelajaran 2014/2015
C. Tujuan
Tujuan
yang hendak dicapai dengan disusunnya program kerja ini:
1.
untuk menunjang kegiatan
belajar mengajar, khususnya di bidang pembinaan kesiswaan dalam pembentukan
watak dan kepribadian siswa melalui kegiatan kepramukaan
2.
Untuk memberikan arahan kepada
pelaksana gugus depan agar pelakasanaan kinerja gugus depan dapat berjalan
dengan baik.
3.
Sebagai sarana untuk
peningkatan mutu pendidikan kepramukaan di sekolah.
D. Sasaran
Sasaran
pelaksanaan program kerja ini adalah unsur-unsur yang terdapat dalam suatu
gugus depan yang meliputi:
1.
Unsur Majelis Pembimbing Gugus
Depan (Mabigus) yang diketuai oleh Kepala Sekolah sebagai penguasa tertinggi di
sekolah yang dibantu dengan Urusan Kesiswaan, Urusan Kurikulum dan unsur guru
yang ditunjuk.
2.
Unsur Pembina Pramuka yang
merupakan unsur pelaksana kegiatan secara teknis dalam suatu gugus depan yang
meliputi Instruktur Pramuka, pelatih atau anggota pramuka yang minimal
mempunyai sertifikat Kursus Mahir Dasar (KMD)
3.
Para pembantu pembina yang meliputi anggota penegak, pandega dan unsur
lain yang mempunyai keinginan untuk menjadi anggota pramuka dengan baik.
4.
Peserta didik yang menjadi
obyek pendidikan kepramukaan di sekolah yang terbagi dalam siaga, penggalang,
penegak dan pandega sesuai dengan tingkat umur peserta didik.
BAB II
VISI MISI EKSTRAKURIKULER
PRAMUKA
Mengacu pada Lampiran III
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor
81a Tahun 2013 Tentang
Implementasi Kurikulum berkaitan dengan Pedoman Kegiatan Ekstrakurikuler
perlu adanya visi misi kegiatan ektrakulikuer. Adapun Visi Misi kegiatan
ekstrakurikluer Pramuka pada Gudep SDN ANDONGSARI 03adalah sebagai
berikut:.
A
Visi :
Visi
gugus depan pangkalan SDN ANDONGSARI 03adalah:
Pengembangan Potensi Bakat, Minat Serta Mental dan Moral yang Berlandasan IMTAQ
dan IPTEK.
B
Misi :
Sedangkan
misi gugus depan pangkalan SDN
ANDONGSARI 03
1.
Menyelenggarakan kegiatan
kepramukaan dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap
Tuhan Yang Maha Esa serta ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai tuntutan
jaman
2.
Memyelenggarakan kegiatan
kepramukaan dalam rangka meningkatkan pengembangan potensi, bakat dan minat.
3.
Menyelenggarakan kegiatan
kepramukaan dalam rangka meningkatkan sikap, mental dan moral yang berkarakter.
4.
Melaksanakan kegiatan
kepramukaan yang berorientasi pada pencapaian prestasi.
5.
Melaksanakan kegiatan
kepramukaan yang berorientasi kepada pengembangan pola pikir dan nalar, serta
keterampilan.
BAB III
PROGRAM KERJA
EKSTRAKURIKULER PRAMUKA
Program
kerja Ekstrakurikuler Pramuka SDN ANDONGSARI 03dapat
dijelaskan dan dirinci sebagai berikut didasarkan pada waktu pelaksanaan
program. Masing-masing kelompok program terbagi dalam beberapa bidang kegiatan.
Adapun pembagian kelompok program tersebut adalah sebagai berikut:
A. Program Umum
1.
Bidang Kegiatan dan Latihan Peserta Didik
a.
Penerapan Sistem Blok Pembinaan
Keparamukaan, berupa:Masa Orientasi Anggota Baru selama 3 hari, yang
pelaksanaannya dilakukan pada awal semester gasal dengan sasaran siswa kelas III
b.
Penerapan Sistem Reguler
Pembinaan Keparmukaan, melalui kegiatan:
1)
Latihan Rutin
2)
Pencapaian SKU
3)
Pencapaian SKK
·
2 macam SKK Agama
·
2 macam SKK Patriotisme dan
Seni Budaya
·
2 macam SKK Ketangkasan dan
Kesehatan
·
2 macam SKK Ketrampilan dan
Teknik Pembangunan
·
2 macam SKK Sosial,
Perikemanusiaan, Gotong Royong, Ketertiban Masyarakat, Perdamaian Dunia dan
Lingkungan Hidup
4)
Peningkatan mutu latihan
pramuka penggalang meliputi jenjang:
a)
Ramu
b)
Rakit
c)
terap
5)
Gladian Pemimpin Regu ( 1 kali
)
6)
Perkemahan Sabtu Minggu ( 2
kali )
7)
Penjelajahan dan Survival Game
8)
Perkemahan Jauh dan
Pengembaraan ( 1 kali )
9)
Lomba Tingkat I ( 1 kali )
10)
Bakti Masyarakat ( 2 kali )
11)
Pengiriman regu penggalang ke
tingkat Kwartir Ranting, Cabang, Daerah maupun Kwartir Nasional
12)
Kegiatan dengan gugus depan
lain ( latihan gabungan )
13)
Musyawarah Gugus Depan
2.
Bidang Sarana dan Administrasi
Mengusahakan tersedianya kelengkapan
administrasi dan sarana penunjang kegiatan Gugus Depan yang meliputi :
a.
Buku Induk Gugus Depan
b.
Stempel Gugus Depan
c.
Buku Jurnal Kegiatan Harian /
Mingguan
d.
Buku Administrasi Keuangan
e.
Daftar Inventaris Gugus Depan
f.
Buku Tamu Gugus Depan
g.
Laporan Semester Gugus Depan
h.
Catatan Peristiwa Penting Gugus
Depan ( Log Book )
i.
Pengadaan Tenda Pramuka
j.
Pengadaan alat pionering yang
meliputi :
1)
tali pramuka
2)
tongkat
k.
Bendera Gugus Depan yang
meliputi:
1)
Bendera Tunas Kelapa
2)
Bendera Pramuka Sedunia Putra
3)
Bendera Pramuka Sedunia Putri
l.
Bendera Semaphore dan Morse
m.
Papan Nama Gugus Depan
n.
Sanggar Bakti Pramuka
3.
Bidang Keuangan
Pengelolaan dana kegiatan yang bersumber
dari:
a.
Alokasi dana dari BOS
b.
Sumbangan lain yang tidak
mengikat
4.
Bidang Pendidikan Orang Dewasa
a.
Pengiriman pembina untuk
kegiatan Kursus Pembina yang diadakan Kwartir Ranting maupun Kwartir Cabang
b.
Pengiriman pembina untuk
pertemuan-pertemuan yang diadakan Kwartir Ranting maupun Kwartir Cabang
c.
Pertemuan-pertemuan Gugus Depan
yang dihadiri oleh MABIGUS
B. Penjabaran Program dalam
Semester
Penjabaran program dalam semester gugus
depan pangkalan SDN ANDONGSARI 03dapat
dijabarkan sebagai berikut:
PROGRAM
KERJA GUGUS DEPAN SEMESTER GANJIL
BULAN
: JULI 2014 SAMPAI DENGAN DESEMBER 2014
No
|
KEGIATAN
|
BULAN KE
|
KET
|
|||||
Jul
|
Ags
|
Sept
|
Okt
|
Nop
|
Des
|
|||
1.
|
Masa
Orientasi Anggota Baru (system Blok)
|
|
X
|
|
|
|
|
|
2.
|
Latihan
Rutin (Sistem Reguler)
|
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
|
3.
|
Ujian SKU
Penggalang Ramu
|
|
X
|
X
|
X
|
|
|
|
4.
|
Ujian SKU
Penggalang Rakit
|
|
|
X
|
X
|
X
|
|
|
5.
|
Ujian SKU
Penggalang Terap
|
|
|
|
X
|
X
|
X
|
|
6.
|
Ujian SKK
|
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
|
7.
|
Gladian
Pemimpin Regu
|
|
|
X
|
|
|
|
|
8.
|
Perkemahan
Dekat ( Persami )
|
|
X
|
|
|
X
|
|
|
9.
|
Penjelajahan
dan Halang Rintang
|
|
|
X
|
|
|
|
|
10.
|
Bakti
Masyarakat
|
|
|
|
|
X
|
|
|
11.
|
Latihan
gabungan
|
|
X
|
|
|
X
|
|
|
12.
|
Lomba
Tingkat I
|
|
|
|
|
|
X
|
|
13.
|
Laporan
Semester ke Kwartir Ranting
|
|
|
|
|
|
X
|
|
14
|
Mengikuti
kegiatan di Kwartir Ranting, Cabang, Daerah maupun Nasional
|
Menyesuaikan
|
|
PROGRAM
KERJA GUGUS DEPAN SEMESTER GENAP
BULAN
: JANUARI 2015 SAMPAI DENGAN JUNI 2015
No
|
KEGIATAN
|
BULAN KE
|
KET
|
|||||
Jan
|
Peb
|
Mar
|
Apr
|
Mei
|
Jun
|
|||
1.
|
Latihan
Rutin (Sistem Reguler)
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
|
|
2.
|
Ujian SKU
Penggalang Ramu
|
X
|
X
|
X
|
X
|
|
|
|
3.
|
Ujian SKU
Penggalang Rakit
|
|
|
X
|
X
|
X
|
|
|
4.
|
Ujian SKU
Penggalang Terap
|
|
|
|
X
|
X
|
|
|
5.
|
Ujian SKK
|
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
|
6.
|
Gladian
Pemimpin Regu
|
|
|
|
|
|
X
|
|
7.
|
Perkemahan
Dekat ( Persami )
|
|
|
|
X
|
|
|
|
8.
|
Penjelajahan
dan Halang Rintang
|
|
X
|
|
|
X
|
|
|
9.
|
Bakti
Masyarakat
|
|
|
|
|
|
X
|
|
10.
|
Latihan
gabungan
|
|
|
|
|
X
|
|
|
11.
|
Laporan
Semester ke Kwartir Ranting
|
|
|
|
|
|
X
|
|
12.
|
Pemilihan
pramuka terbaik
|
|
|
|
|
X
|
|
|
13.
|
Musyawarah
Gugus Depan
|
|
|
|
|
|
X
|
|
14.
|
Perkemahan
jauh dan Pengembaraan
|
|
|
|
|
|
X
|
|
15.
|
Mengikuti
kegiatan di Kwartir Ranting, Cabang, Daerah maupun Nasional
|
Menyesuaikan
|
|
C. Penjabaran Masing-Masing Program
1.
Latihan Rutin Pramuka
Dalam melakukan kegiatan latihan rutin dapat
dirinci sebagai berikut :
a.
Latihan rutin dilakukan setiap
hari Sabtu dimulai pukul 14.00 WIB dan diakhiri pukul 16.30 WIB
b.
Latihan rutin dilakukan dengan
pemberian materi SKU dan SKK beserta praktek lapangan
c.
Pemberi materi adalah Pembantu
Pembina (penegak) dan Pembina Pramuka.
d.
Rincian materi latihan rutin
adalah :
1)
Sejarah Pramuka
2)
Dasa Dharma dan Trisatya
3)
PBB dan Upacara Pramuka
4)
Sandi pramuka (huruf rahasia)
5)
Semaphore
6)
Kompas
7)
Pionering, tali temali,
macam-macam ikatan
8)
Api Unggun
9)
Tata Boga
10)
Hasta karya Pramuka
11)
Lambang Gerakan Pramuka dan Struktur Organisasi
Kperamukaan
12)
Musyawarah dan Mufakat
13)
Tanda Jejak, Peta
14)
P3K
15)
Penjelajahan dam Permainan
Pramuka
16)
Lagu Wajib dan Lagu Daerah
17)
Bakti karya
18)
Kegiatan lain yang berupa kegiatan
insidental dan spontan
2.
Musyawarah Gugus Depan
1)
Musyawarah Gugus Depan (Mugus)
adalah bentuk kegiatan musyawarah yang dilakukan anggota gugus depan untuk
menentukan kelangsungan hidup gugus depan.
2)
Dalam kegiatan ini dirumuskan :
1)
Susunan Majelis Pembimbing
Gugus Depan
2)
Susunan Pembina Gugus Depan
3)
Susunan Pengurus Gugus Depan
(Dewan Kerja Penggalang)
3)
Peserta dalam kegiatan
Musyawarah Gugus Depan (MUGUS) adalah:
1)
Perwakilan Anggota yang
meliputi Pinru dan Wapinru setiap regu
2)
Pemimpin Regu Utama (Pratama) putra
dan putri
3)
Pembina pramuka
4)
Pembantu pembina yang terdiri
para pramuka penegak
5)
Unsur Mejelis Pembimbing Gugus
Depan (Mabigus) yang meliputi Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Pembina
OSIS, dan unusur guru yang membidangi ekstrakurikuler Pramuka.
6)
Unsur Komite Sekolah
7)
Unsur Tokoh Masyarakat sekitar
Gugus Depan
8)
Unsur Kwartir Ranting
diantaranya Andalan Ranting Urusan Penggalang
4)
Kegiatan ini bisa dilakukan
bersamaan dalam bentuk kegiatan Perkemahan Sabtu Minggu di sekolahan.
3.
Kegiatan Perkemahan
a.
Perkemahan Sehari (Persari)
1)
Kegiatan Persari dilaksanakan
pada bulan kedua dan kelima pada masing-masing semester
2)
Kegiatan ini biasanya dimulai
pukul 07.00 WIB dan diakhiri pada pukul 15.00 WIB (dalam satu hari)
3)
Kegiatan ini meliputi :
·
Penjelajahan dan halang rintang
·
Kegiatan latihan gabungan
·
Kegiatan kunjungan ke tempat
rekreasi (Trowulan, Gunung Pucangan, Wonosalam, dll)
·
Latihan Dasar Kepemimpinan
·
Lomba Tingkat I
b.
Perkemahan Dekat (di Sekolah)
1)
Kegiatan Persami dilaksanakan
pada bulan ke empat tiap-tiap semester
2)
Bentuk kegiatan adalah kegiatan
Perkemahan Sabtu Minggu yang dimulai pada pukul 14.30 WIB (sabtu) dan diakhiri
pada pukul 09.00 WIB (Minggu)
3)
Macam-macam kegiatan yang dapat
dimasukkan dalam kegiatan Persami adalah :
·
Penerimaan tamu pasukan
(anggota baru)
·
Kegiatan Pelantikan Kenaikan
Tingkat
·
Kegiatan Musyawarah Gugus Depan
(MUGUS)
·
Latihan Dasar Kepemimpinan
(LDK)
c.
Perkemahan Jauh (di luar
sekolah/diluar kabupaten)
1)
Kegiatan ini dilakukan pada
Akhir Semester
2)
Pada semester ganjil (pertama)
kegiatan ini ditempatkan di wisata dalam kabupaten Jombang, sedang pada
semester genap (kedua) ditempatkan pada lokasi perkemahan yang berada di luar
kabupaten Jombang.
3)
Waktu melakukan kegiatan ini
adalah minimal 2 hari maksimal 5 hari
4)
Kegiatan yang dapat dimasukkan
pada kegiatan ini adalah:
·
Kegiatan Bakti Masyarakat
·
Kegiatan Kemah Wisata (Jambore)
·
Kegiatan Latihan Dasar
Kepemimpinan (LDK)
·
Kegiatan Lomba Tingkat I
·
Kegiatan Pengembaraan atau
Kemah Beranting
·
Gladian Pemimpin Regu
4.
Laporan Rutin Ke Kwartir
Ranting
a.
Kegiatan ini dilakukan pada
tiap bulan
b.
Hal-hal yang dilaporkan adalah
keadaan gugus depan yang meliputi keanggota gugus depan dan kegiatan yang telah
dilakukan gugus depan pada kurun waktu tertentu.
5.
Kegiatan Insidental
a.
Kegiatan ini dilakukan diluar
program yang tidak mengikat
b.
Kegiatan ini dilakukan sesuai
dengan situasi, kondisi dan kebutuhan
c.
Macam kegiatan dalam kegiatan
ini adalah
·
Kegiatan kunjungan ke anggota
gugus depan karena sakit, bela sungkawa atau kegiatan lain (berdasar undangan)
·
Mengikuti kegiatan yang berasal
dari luar gugus depan (Kwaran, Kwarcab, Kwarda, Kwarnas dan gudep lain)
D. Silabus Kegiatan
SILABUS DAN MATERI KEGIATAN
PRAMUKA PENGGALANG RAMU
GUGUS DEPAN SDN ANDONGSARI 03
No.
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Kegiatan
|
1
|
1.
Memahami sejarah singkat berdirinya pramuka dan mengamalkan kode kehormatan
pramuka dalam segala aspek kehidupan
|
1.1
Mengetahui sejarah singkat pramuka dunia
|
1.1
Mengetahui sejarah singkat pramuka dunia
|
Sejarah
kepramukaan dan kode kehormatan Pramuka
|
1.2
Mengetahui sejarah singkat pramuka di Indonesia
|
1.2
Mengetahui sejarah singkat pramuka di Indonesia
|
|
||
1.3 Mengetahui
dan mengamal kan Tri satya pramuka dan Dasa Dharmadalam kehidupan
keluarga, sekolah & masyarakat
|
1.3
Menghafalkan Dwi Satya Pramuka dan Dasa Dharma
|
Dasa
Dharma dan Trisatya
|
||
1.4
Mengamalkan Dwi Satya Pramuka dalam kehidupan keluarga , sekolah dan
masyarakat
|
|
|||
2
|
2.
Memahami makna PBB serta manfaat PBB dalam pendidikan kepramukaan serta mampu
mengimplementasikan dalam upacara Penggalang
|
2.1
Memperagakan gerak lanjutdalam PBB (sikap sempurna, hadap kanan/ kiri,
balik kanan / kiri)
|
2.1
Memperagakan gerak dasar dalam PBB (sikap sempurna, hadap kanan/kiri, balik
kanan/kiri)
|
PBB
dan Latihan Upacara
|
2.2
Memperagakan upacaraPenggalang di lapangan
|
2.2
Memperagakan upacara Penggalang di lapangan
|
|
||
3
|
3.
Memahami macam-macam SANDI dan mengetahui fungsi bendera semaphore
|
3.1
Mengetahui macam-macam SANDI
|
3.1
Mengetahui macam-macam SANDI
|
Huruf
SANDI
|
3.2 Mengetahui
fungsi bendera Semaphore
|
3.2
Mengetahui fungsi bendera Semaphore
|
Semaphore
|
||
3.3
Memperagakan bendera semaphore dengan benar
|
3.3
Memperagakan bendera semaphore dengan benar
|
|
||
4
|
4.
Memahami manfaat kegunaan kompas dalam kehidupan sehari-hari
|
4.1
Menggunakan pedoman kompas dengan benar
|
4.1
Menggunakan pedoman kompas dengan benar
|
Pedoman
kompas
|
5
|
5.
Memahami penggunaan tali, cara mendirikan tenda dan berkemah
|
5.1 Membuat
macam-macam simpul tali dan menyambung tongkat
|
5.1
Mengetahui macam-macam simpul tali dan menyambung tongkat
|
Tali
temali, cara mendirikan tenda, dan berkemah
|
5.2
Membuat tandu dan kaki tiga
|
5.2
Membuat tandu dan kaki tiga
|
|
||
5.3
Mengetahui cara dan praktek mendirikan tenda
|
5.3
Mengetahui cara dan praktek mendirikan tenda
|
|
||
6
|
6.
Memahami arti dan manfaat api unggun dalam kepramukaan
|
6.1
Mengetahui bentuk dan kegunaan api unggun dalam berkemah
|
6.1
Mengetahui bentuk dan kegunaan api unggun dalam berkemah
|
Api
unggun
|
6.2
Membuat miniatur api unggun di lapangan sekolah
|
6.2
Membuat miniatur api unggun di lapangan sekolah
|
|
||
7
|
7.
Memahami resep dasar memasak
|
7.1
Membuat resep / bumbu masakan / rujak-an sederhana
|
7.1
Membuat resep / bumbu masakan / rujak-an sederhana
|
Tata
boga
|
7.2
Latihan memasak tingkat lanjut (membuat sayur dan lauk-pauk)
|
7.2
Latihan memasak tingkat lanjut (membuat sayur dan lauk-pauk)
|
|
||
8
|
8.
Memahami cara membuat hasta karya
|
8.1
Membuat kerajinan dari jerami / dedaunan (atap gubug)
|
8.1
Membuat kerajinan dari jerami/dedaunan (atap gubug)
|
Hasta
karya Pramuka
|
8.2
Membuat kerajinan dari alam sekitar / barang bekas
|
8.2
Membuat kerajinan dari alam sekitar / barang bekas
|
|
||
9
|
9.
Memahami lambang gerakan pramuka serta tata struktur organisasi pramuka
|
9.1
Mengetahui lambang gerakan pramuka
|
9.1
Mengetahui lambang gerakan pramuka
|
Lambang
Gerakan Pramuka dan struktur kepramukaan
|
9.2
Mengetahui definisi struktur organisasi pramuka sekolah
|
9.2
Mengetahui definisi dan struktur organisasi pramuka sekolah
|
|
||
9.3
Membentuk kepengurusan regu
|
9.3
Membentuk kepengurusan regu
|
|
||
10
|
10.
Memahami definisi musyawarah dan mufakat pramuka
|
10.1
Mengetahui arti musyawarah secara sederhana
|
10.1
Mengetahui arti musyawarah dan mufakat secara sederhana
|
Musyawarah
dan mufakat Pramuka
|
|
|
10.2
Bermusyawa rah membuat jadwal latihan lanjut
|
10.2
Bermusyawarah membuat jadwal latihan lanjut
|
|
11
|
11.
Memahami tanda-tanda jejak peta dalam kepramukaan
|
11.1
Mengetahui berbagai tanda jejak dan peta dalam kepramukaan
|
11.1
Mengetahui berbagai tanda jejak dan peta dalam kepramukaan
|
Mencari
jejak dan penggunaan peta
|
11.2
Menggunakan tanda jejak dan peta dalam kepramukaan
|
11.2
Menggunakan tanda jejak dan peta dalam kepramukaan
|
|
||
12
|
12.
Memahami definisi dan praktek P3K
|
12.1
Mengetahui arti P3K
|
12.1
Mengetahui arti P3K
|
P3K
|
12.2
Mengetahui cara dalam praktek P3K
|
12.2
Mengetahui cara praktek P3K
|
|
||
12.3
Memperagakan P3K dan PPSD
|
12.2
Memperagakan P3K dan PPGD
|
|
||
13
|
13.
Memahami definisi jelajah alam dan out bound
|
13.1
Mengetahui pengertian dasar jelajah alam dan outbond
|
13.1
Mengetahui pengertian dasar jelajah alam dan out bound
|
Jelajah
alam dan out bout
|
13.2
Mengetahui macam-macam jenis out bound
|
13.2
Mengetahui macam-macam jenis outbound
|
|
||
13.3
Jelajah alam dan out bound sederhana
|
13.3
Jelajah alam dan out bout sederhana
|
|
||
14
|
14.
Memahami macam-macam lagu wajib dan lagu daerah.
|
14.1
Mengetahui macam- macam lagu wajib dan lagu daerah
|
14.1
Mengetahui macam-macam lagu wajib dan lagu daerah
|
Lagu-lagu
wajib dan daerah
|
14.2
Menyanyikan lagu wajib dan daerah dengan lafal dan intonasi yang benar
|
14.2
Menyanyikan lagu wajib dan salh satu lagu daerah dengan lafal dan intonasi
yang benar
|
|
||
15
|
15.
Memahami makna bakti karya Penggalang.
|
15.1
Mengetahui makna bakti karya Penggalang
|
15.1
Mengetahui makna bakti karya Penggalang
|
Bakti
karya
|
15.2
Bakti karya Penggalang untuk desa
|
15.2
Bakti karya penggalang untuk masyarakat pegunungan
|
|
SILABUS KEGIATAN PRAMUKA
PENGGALANG RAKIT
GUGUS DEPAN SDN ANDONGSARI 03
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi
|
1. Memahami sejarah
singkat berdirinya pramuka dan mengamalkan kode kehormatan pramuka dalam
segala aspek kehidupan
|
1.1 Mengetahui
sejarah singkat pramuka dunia
|
* Menyebutkan tokoh pramuka
dunia
|
Sejarah
Kepramukaan dan kode kehormatan Pramuka
|
*
Menyebutkan organisasi pramuka dunia
|
|||
1.2 Mengetahui
sejarah singkat pramuka di Indonesia
|
Menjelaskan Sejarah singkat
pramuka di Indonesia
|
||
*
Menyebutkan tokoh pramuka Indonesia
|
|||
1.3 Mengetahui
dan mengamal kan Tri satya pramuka dan Dasa Dharmadalam kehidupan
keluarga, sekolah & masyarakat
|
* Menjelaskan
isiTri Satya dan Dasa Dharma Pramuka
|
Dasa
Dharma dan Trisatya
|
|
* Menerapkan
isi Trisatya dan Dasa Dharma Pramuka
|
|||
2. Memahami makna PBB
serta manfaat PBB dalam pendi- dikan kepramuka an serta mampu
mengimplementasikan dalam upacaraPENGGALANG
|
2.1 Memperagakan
gerak lanjut dalam PBB (sikap sempurna, hadap kanan/ kiri, balik kanan /
kiri)
|
* Latihan
PBB dasar
|
PBB
dan Latihan Upacara
|
2.2 Memperagakan
upacaraPenggalang di lapangan
|
* Latihan
sikap sempurna sampai gerak jalan
|
||
* Menulis
langkah-langkah upacara
|
|||
* UpacaraPenggalang
|
|||
3. Memahami macam-
macam SANDI dan mengetahui fungsi bendera Semaphore
|
3.1 Mengetahui
macam-macam SANDI
|
* Mengungkapan
Isi suatu SANDI
|
SANDI
dan SEMAPHORE
|
3.2 Mengetahui
fungsi bendera Semaphore
|
* Menyebutkan
fungsi SANDI dan semaphore
|
||
3.3 Memperagakan
bendera semaphore dengan benar
|
*
Memperagakan bendera Semaphore
|
||
4. Memahami kegunaan
kompas dalam kehidupan sehari-hari
|
4.1 Menggunakan
pedoman kompas dengan benar
|
*
Menggunakan pedoman kompas dalam berkemah
|
Pedoman
Kompas
|
5. Memahami penggu
naan tali, cara mendirikan tenda dan berkemah
|
5.1 Membuat
macam-macam simpul tali dan menyambung tongkat
|
* Membuat
beragam simpul tali
|
Tali
temali, cara mendirikan tenda, dan berkemah
|
5.2 Membuat tandu
dan kaki tiga
|
*
Menyambung tongkat
|
||
5.3 Mengetahui
cara dan praktek mendirikan tenda
|
* Membuat
tandu
|
||
* Membuat
kaki 3
|
|||
*
Menyebutkan cara mendirikan tenda
|
|||
*
Mendirikan tenda
|
|||
6. Memahami arti dan
manfaat api unggun dalam ke pramukaan
|
6.1 Mengetahui
bentuk dan kegunaan api unggun dalam berkemah
|
*
Menyebutkan kegunaan api unggun
|
Api
unggun
|
6.2 Membuat
miniatur api unggun di lapangan sekolah
|
* Membuat
miniatur api unggun di SD
|
||
7. Memahami resep dasar
memasak
|
7.1 Membuat resep
/ bumbu masakan / rujak-an sederhana
|
* Membuat
resep rujak an dan sayuran
|
Tata
Boga
|
7.2 Latihan
memasak tingkat lanjut (membuat sayur dan lauk-pauk)
|
* Memasak
sayuran dan membuat lauk pauk
|
||
8. Memahami cara
membuat hasta karya
|
8.1 Membuat
kerajinan dari jerami / dedaunan (atap gubug)
|
* Membuat
anyaman atap gubug
|
Hasta
karya Pramuka
|
8.2 Membuat
kerajinan dari alam sekitar / barang bekas
|
* Membaut
sendal kayu
|
||
9. Memahami lambang
gerakan pramuka serta tata struktur organisasi kepramukaan
|
9.1 Mengetahui
lambang gerakan pramuka
|
*
Menjelaskan arti lambang pramuka
|
Lambang
gerakan pramuka dan struktur kepramukaan
|
9.2 Mengetahui
definisi struktur organisasi pramuka sekolah
|
*
Menjelaskan arti struktur organisasi pramuka
|
||
9.3 Membentuk
kepengurusan regu
|
* Membuat
pengurus regu
|
||
10.
Memahami definisi musyawarah dan mufakat pramuka
|
10.1 Mengetahui arti
musyawarah secara sederhana
|
*
Menjelaskan arti musyawarah dan mufakat
|
Musyawarah
& mufakat pramuka
|
10.2 Bermusyawa rah membuat
jadwal latihan lanjut
|
*
Bermusyawarah membuat jadwal latihan
|
||
11. Memahami tanda-
tanda jejak peta dalam kepramukaan
|
11.1 Mengetahui berbagai
tanda jejak dan peta dalam kepramukaan
|
* Membuat
tanda jejak dan peta penjelajahan
|
Mencari
jejak dan penggunaan peta
|
11.2 Menggunakan tanda jejak
dan peta dalam kepramukaan
|
*
Menggunakan tanda jejak dan peta jelajah
|
||
12. Memahami definisi
dan praktek P3K
|
12.1 Mengetahui arti P3K
|
*
Menjelaskan arti P3K
|
P3K
|
12.2 Mengetahui cara dalam
praktek P3K
|
*
Menyebutkan cara praktik P3K
|
||
12.3 Memperagakan P3K dan
PPSD
|
* Praktik
PPGD/P3K
|
||
13. Memahami definisi
jelajah alam dan outbond
|
13.1 Mengetahui pengertian
dasar jelajah alam dan outbond
|
*
Menjelaskan arti jelajah alam & out bound
|
Jelajah
alam dan outbound
|
13.2 Mengetahui macam-macam
jenis out bound
|
*
Menyebutkan macam- macam jenis out bound
|
||
13.3 Jelajah alam dan out
bound sederhana
|
*
Penjelajahan dan out bound
|
||
14. Memahami
macam-macam lagu wajib dan lagu daerah.
|
14.1 Mengetahui macam- macam
lagu wajib dan lagu daerah
|
*
Menyebutkan macam- macam lagu wajib dan daerah
|
Lagu
- lagu wajib dan daerah
|
14.2 Menyanyikan lagu wajib
dan daerah dengan lafal dan intonasi yang benar
|
*
Menyanyikan lagu Indonesia Raya
|
||
*
Menyanyikan 2 lagu daerah
|
|||
15. Mengetahui makna
bakti karya penggalang
|
15.1 Mengetahui makna bakti
karya Penggalang
|
*
Menjelaskan arti dan tujuan Bakti Karya Penggalang
|
Bakti
Karya PENGGALANG
|
15.2 Bakti karya Penggalang
untuk desa
|
* Bakti
karya penggalang untuk masyarakat pegunungan
|
SILABUS KEGIATAN PRAMUKA
PENGGALANG TERAP
GUGUS DEPAN SDN ANDONGSARI 03
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi
|
1. Memahami sejarah
singkat berdirinya pramuka dan mengamalkan kode kehormatan pramuka dalam
segala aspek kehidupan
|
1.1 Mengetahui
sejarah singkat pramuka dunia
|
* Menganalis nilai-nilai perjuangan
para tokoh pramuka dunia
|
Sejarah
Kepramukaan dan kode kehormatan Pramuka
|
* Menganalisis
peran organisasi pramuka dunia
|
|||
1.2 Mengetahui
sejarah singkat pramuka di Indonesia
|
Mendeskripsikan sejatah
pramuka Indonesia
|
||
Mengidentifikasi nilai-nilai
kepramukaan pada tokoh pramuka
Indonesia
|
|||
1.3 Mengetahui
dan mengamal kan Tri satya pramuka dan Dasa Dharmadalam kehidupan
keluarga, sekolah & masyarakat
|
Menganalisis
isi Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka
|
Dasa
Dharma dan Trisatya
|
|
Memberikan
contoh penerapan isi Trisatya dan Dasa
Dharma Pramuka
|
|||
2. Memahami makna PBB
serta manfaat PBB dalam pendi- dikan kepramuka an serta mampu
mengimplementasikan dalam upacaraPENGGALANG
|
2.1 Memperagakan
gerak lanjut dalam PBB (sikap sempurna, hadap kanan/ kiri, balik kanan /
kiri)
|
* Latihan
PBB lanjutan
|
PBB
dan Latihan Upacara
|
2.2 Memperagakan
upacara Penggalang di lapangan
|
* Menulis
langkah-langkah upacara
|
||
* Latihan petugas
upacra
|
|||
* Mempraktekan
UpacaraPenggalag
|
|||
3. Memahami macam-
macam SANDI dan mengetahui fungsi bendera Semaphore
|
3.1 Mengetahui
macam-macam SANDI
|
* Membuatu
contoh SANDI
|
SANDI
dan SEMAPHORE
|
3.2 Mengetahui
fungsi bendera Semaphore
|
* Menganalisis
kegunaan SANDI dan semaphore
|
||
3.3 Memperagakan
bendera semaphore dengan benar
|
*
Memperagakan bendera Semaphore
|
||
4. Memahami kegunaan
kompas dalam kehidupan sehari-hari
|
4.1 Menggunakan
pedoman kompas dengan benar
|
Melatih penghitungan dan
pengukuran arah yang dituju.
|
Pemnfaatan
Kompas
|
5. Memahami penggu
naan tali, cara mendirikan tenda dan berkemah
|
5.1 Membuat
macam-macam simpul tali dan menyambung tongkat
|
Mengetahui pembuatn
Tandu-Tali Temali.
|
Tali
temali, cara mendirikan tenda, dan berkemah
|
5.2 Membuat tandu
dan kaki tiga
|
Membuat tandu
|
||
5.3 Mengetahui
cara dan praktek mendirikan tenda
|
Mendirikan
tenda
|
||
6. Memahami arti dan
manfaat api unggun dalam ke pramukaan
|
6.1 Mengetahui
bentuk dan kegunaan api unggun dalam berkemah
|
* Menganalisis
manfaat api unggun
|
Api
unggun
|
6.2 Membuat
miniatur api unggun di lapangan sekolah
|
* Membuat
miniatur api unggun
|
||
7. Memahami resep dasar
memasak
|
7.1 Membuat resep
makanan ringan
|
* Membuat
resep makanan ringan
|
Tata
Boga
|
7.2 Latihan
memasak tingkat lanjut (membuat makanan ringan)
|
* Membuat
atau memasak makanan ringan
|
||
8. Memahami cara membuat
hasta karya
|
8.1 Membuat
kerajinan dari jerami / dedaunan (atap gubug)
|
Mampu mengembangkan
kreativitas secara mandiri atau beregu.
|
Hasta
karya Pramuka
|
8.2 Membuat
kerajinan dari alam sekitar / barang bekas
|
Membauat kerajinan tangan
secara mandiri dan beregu
|
||
9. Memahami lambang
gerakan pramuka serta tata struktur organisasi kepramukaan
|
9.1 Mengetahui
lambang gerakan pramuka
|
*
Menjelaskan arti lambang pramuka
|
Lambang
gerakan pramuka dan struktur kepramukaan
|
9.2 Mengetahui
definisi struktur organisasi pramuka sekolah
|
*
Menjelaskan arti struktur organisasi pramuka
|
||
9.3 Membentuk
kepengurusan regu
|
* Membuat
pengurus regu
|
||
10.
Memahami definisi musyawarah dan mufakat pramuka
|
10.1 Mengetahui arti
musyawarah secara sederhana
|
* Mengindentifikasi
nilai-nilai musyawarah dan mufakat
|
Musyawarah
& mufakat pramuka
|
10.2 Bermusyawa rah membuat
jadwal latihan lanjut
|
* Mempraktekan
kegiatan musyawarah
|
||
11. Memahami tanda-
tanda jejak peta dalam kepramukaan
|
11.1 Mengetahui berbagai
tanda jejak dan peta dalam kepramukaan
|
Membaca
peta medan di atas kertas dan dapat mengukur ketinggian yang akan dituju.
|
Panorama
|
11.2 Menggunakan tanda jejak
dan peta dalam kepramukaan
|
* Mampu
membuat dan memindahkan medan ke dalam secarik kertas menjadi sebuah peta
|
Peta-Pita
|
|
12. Memahami definisi
dan praktek P3K
|
12.1 Mengetahui arti P3K
|
* Mengetahui
obat yang akan diberikan kepada rekan yang luka ringan.
|
P3K
|
12.2 Mengetahui cara dalam
praktek P3K
|
* Mengetahui
cara penggunaan obat yang akan diberikan kepada rekan yang luka ringan.
|
||
12.3 Memperagakan P3K dan
PPSD
|
* Praktik
PPGD/P3K
|
||
13. Memahami definisi
jelajah alam dan outbond
|
13.1 Mengetahui pengertian
dasar jelajah alam dan outbond
|
*
Menjelaskan arti jelajah alam & out bound
|
Jelajah
alam dan outbound
|
13.2 Mengetahui macam-macam
jenis out bound
|
*
Menyebutkan macam- macam jenis out bound
|
||
13.3 Jelajah alam dan out
bound sederhana
|
*
Penjelajahan dan out bound
|
||
14. Memahami
macam-macam lagu wajib dan lagu daerah.
|
14.1 Mengetahui macam- macam
lagu wajib dan lagu daerah
|
*
Menyebutkan macam- macam lagu wajib dan daerah
|
Lagu
- lagu wajib dan daerah
|
14.2 Menyanyikan lagu wajib
dan daerah dengan lafal dan intonasi yang benar
|
*
Menyanyikan lagu Indonesia Raya
|
||
*
Menyanyikan 3 lagu daerah
|
|||
15. Mengetahui makna
bakti karya penggalang
|
15.1 Mengetahui makna bakti
karya Penggalang
|
* Menganalisis
arti dan tujuan Bakti Karya Penggalang
|
Bakti
Karya PENGGALANG
|
15.2 Bakti karya Penggalang
untuk desa
|
* Bakti karya
penggalang untuk masyarakat pedesaan
|
BAB III
ORGANISASI DAN TATA KELOLA
A.
Susunan Majelis Pembimbing Gugus Depan
Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus)
disusun berdasarkan jabatan dinas di suatu gugus depan. Majelis Pembimbing
Gugus Depan (Mabigus) terdiri dari unsur pejabat di sekolah tempat gugus depan
tersebut berada. Adapun susunan Majelis Pembimbing Gugus Depan dapat dibarkan
sebagai berikut :
1.
Ketua : MAKHMUD, M.Pd (Kepala Sekolah)
2.
Anggota : - (Wakil Kepala Sekolah)
3.
Anggota : - ( Pembina OSIS)
4.
Anggota : YAYUK SRI. M, S.Pd (Guru)
5.
Anggota : ADI SUYATNO, S.Pd (Pembina Harian Putra)
6.
Anggota : NANIK HARIYATI (Pembina Harian Putri)
B.
Susunan Pengurus Dewan Kerja Penggalang
Dewan Kerja Penggalang pada prinsipnya
adalah dewan kerja gugus depan yang bertugas melaksanakan kegiatan kepramukaan
di lingkungan gugus depan. Dewan kerja bertugas membantu pembina pramuka dalam
menjalankan aktivitas kepramukaan. Disamping itu Dewan Kerja Penggalang juga
berfungsi panitia kegiatan untuk kegiatan-kegiatan kepramukaan yang bersifat
kecil, mendadak, atau rutin. Sedang untuk kegiatan yang bersifat besar atau
insidental dibentuk panitia kegiatan tersendiri.
Unsur yang membentuk Dewan Kerja Penggalang
terdiri dari pemimpin regu utama (pratama), pemimpin regu (pinru) dan wakil
pemimpin regu (wapinru), serta anggota pramuka yang dianggap cakap. Adapun
susunan pengurus Dewan Kerja Penggalang Gudep
SDN ANDONGSARI 03sebagai berikut:
1.
Ketua : (kelas
)
2.
Wakil Ketua : (kelas
)
3.
Sekretaris I : (kelas
)
4.
Sekretaris II : (kelas
)
5.
Bendahara I : (kelas
)
6.
Bendahara II : (kelas
)
7.
Seksi-Seksi :
a.
Bidang Kegiatan dan Operasional
Teknik Kepramukaan (Giatoptekpram):
1.
(kelas )
2.
(kelas )
3.
(kelas )
4.
(kelas )
b.
Bidang Adminsitrasi dan
Organisasi
1.
(kelas )
2.
(kelas )
3.
((kelas)
4.
((kelas)
c.
Bidang Hubungan Masyarakat
1.
(kelas )
2.
(kelas )
3.
(kelas )
4.
(kelas )
C.
Dewan Kehormatan Penggalang
Dewan Kehormatan Penggalang terdiri atas
anggota pramuka yang sudah mencapai Terap dan sudah kelas III. Dewan Kehormatan
bekerja jika diperlukan dalam kegiatan insidental. Dewan Kehormatan Penggalang
mempunyai tugas memberikan masukan, saran atau nasehat serta membantu pembina
dalam memberikan penilaian terhadap kinerja Dewan Kerja Penggalang. Adapun
susunan Dewan Kehormatan Penggalang adalah :
1.
Ketua :
2.
Anggota :
3.
Anggota :
4.
Anggota :
5.
Anggota :
6.
Anggota :
D.
Struktur Organisasi Gudep
E. Pengelompokkan Peserta / Anggota
Peserta
kegiatan ekstrakurikuler Pramuka dikelompok dalam 3 kolompok yakni 1) Kelompok Penggalang Ramu; 2) Kelompok
Penggalang Rakit; 3) Kelompok Penggalang Terap,
Dengan ketentuan sbb:
1)
Peserta didik yang belum pernah mengikuti pelantikan penggalang Ramu
saat di Sekola Dasar, masuk dalam kelompok Penggalang Ramu.
2)
Peserta didik yang telah mengikuti pelatikan penggalang Ramu,
penggalang Rakit, maupun Penggalang terap (dibuktikan dengan SKU) pada saat di
Sekolah Dasar dimasukkan dalam kelompok Penggalang Rakit.
3)
Kelompok Penggalang Terap, hanya diperuntukan bagi peserta didik yang telah mengikuti
pelatikan penggalang Rakit pada saat ia telah menjadi siswa SMP.
Untuk
keperluan tersebut dibutuhkan minimal 3 orang Pembina. Namun apabila
diberlakukan kelas/kelompok terpisah (pa/pi), dibutuhkan minimal 6 orang
Pembina.
F. Pelaksanaan
Latihan / Kegiatan
1.
Pelaksanaan kegiatan latihan rutin
dilakukan di sekolah satu minggu satu kali.
2.
Pelaksanaan latihan lebih difokuskan pada
kegiatan praktek dan tetap memperhatikan ketertiban dan keamanan, berupa
kegiatan nyata yang memberi kesempatan kepada peserta didik menerapkan
pengetahuan dan kecakapan yang sesuai dengan usia.
3.
Pelaksanaan kegiatan dilakukan secara praktis
yaitu : sederhana, mudah, memanfaatkan sumberdaya yang ada dan menghemat biaya
tetapi berhasil guna dan tepat guna.
4.
Setiap Pembina pramuka wajib membuat Program
Tahunan, Program Semester dan Rencana PelaksanaanKegiatan (RPK)
G. Penilaian Kegiatan
Pramuka
Penilaian Pendidikan Kepramukaan
mencakup hal-hal sebagai berikut:
1)
Penilaian dilakukan lebih banyak secara
kualitatif.
2)
Peserta
didik diwajibkan untuk
mendapatka nnilai minimal baik pada
kegiatan ekstrakurikuler wajib
pada setiap semester.
3)
Nilai yang
diperoleh pada kegiatan
Ekstrakurikuler Wajib Kepramukaan
berpengaruh terhadap kenaikan kelas peserta didik.
4)
Apabila Nilai
di bawah baik dalam dua
semester atau satu
tahun namun berdasarkan keputusan rapat guru akan dinaikan, peserta
didik yang bersangkutan harus mengikuti
program khusus yang
diselenggarakan bagi mereka (Modifikasi Prilaku)
5)
Kriteria
keberhasilan kompetensi lebih
ditentukan oleh proses dan
keikutsertaan peserta didik.
6)
Proses penilaian dilaksanakan setiap kali
latihan dan setiap hari di dalam proses pelatihan pramuka.
7)
Proses
penilaian dilaksanakan dengan
metode Observasi dan Partisipasi.
8)
Proses
penilaian Keterampilan Kepramukaan
disesuaikan dengan Kompetensi Dasar
dari masing-masing Tema
dan Matapelajaran. sebagai penguatan
yang bermuatan Nilai Sikap
dan Keterampilan dalam Kurikulum 2013.
9)
Proses
Penilaian dilakukan oleh
Teman, Guru Kelas/Guru Matapelajaran, Pemangku
Kegiatan dan/atau Pembina Pramuka.
10) Pelaporan
nilai dituangkan dalam bentuk deskripstif dengan mengacu kriteria.
BAB IV
PENUTUP
Demikian program kerja Gugus Depan
Pangkalan SDN ANDONGSARI 03tersusun, dengan harapan dapat menjadi acuan
bagi gerak dan kerja pramuka di gugus depan. Disamping itu program kerja ini
diharapkan dapat menjadi pedoman bagi sekolah dalam menentukan kebijakan yang
berhubungan dengan kegiatan kepramukaan pada SDN ANDONGSARI 03.
Perlu disadari bahwa dalam penyusunan program kerja ini masih jauh dari
kesempurnaan. Oleh sebab itu saran dan kritik sangat diharapkan demi perbaikan
dan penyempurnaan program kerja ini. Akhirnya semoga program kerja ini dapat
bermanfaat bagi semua.
Salam Pramuka, ijin share ya Kak!
BalasHapusboleh
BalasHapusmohon izin ka saya share
BalasHapusTerima kasih, dan mohon izin aku mengkopi, sebagai bahan rujukan
BalasHapusSalam pramuka. Izin mengkopi ya kak, semoga kegiatan pramukanya semakin jaya....
BalasHapus