KELUARGA BESAR SDN ANDONGSARI 03

KELUARGA BESAR SDN ANDONGSARI 03
STAF GURU

Kamis, 11 September 2014

Cek Hasil Sinkronisasi Di Progress Pengiriman

Sudah sampai sejauh mana hasil sinkronisasi dapodik bisa dilihat di progress pengiriman, dimana saaat ini server kemdikbud sudah mulai normal. Di sana kita bisa mengecek data sekolah, PTK, nama siswa dan riwayat sinkronisasi. Ada beberapa hal yang wajib kita perhatikan dalam cek data hasil sinkronisasi ini.

Untuk melihat data hasil sinkronisasi silakan buka link inihttp://118.98.166.59/exreport. 
Atau http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/exreport

Setelah masuk Klik nama provinsi tempat sekolah, Kabupaten lalu kecamatan. Selanjutnya perhatikan baik-baik data-data yang ada. Data ini adalah hasil sinkronisasi dapodik. Penting diketahui, bahwa sinkronisasi dibawah tanggal 25 Desember 2013 dianggap tidak masuk, oleh karena itu sinkronisasi wajib dilakukan ulang. 
UPDATE: 
Saat ini untuk mengetahui hasil sinkronisasi di progress pengiriman dapodik wajib memakai / memasukkan kode registrasi yang pernah kita pakai untuk instalasi dapodik 2013/2014. Jika anda hilang/lupa bisa meminta keOperator kabupaten/kota. 
Perhatikan gbr di bawah ini dengan seksama
1. Data di luar sebelum masuk/login ke data sekolah
2. Masukkan kode registrasi untuk masuk
3. Pada periode tersedia ada tulisan 20141 jika sudah melakukan sinkronisasi dapodikdas
4. Ada tulisan periode aktif 20141

    cek pengiriman progress sinkronisasi dapodik 2014

    Catatan: 
    Jika pada periode aktif masih tertulis 20120 atau lainnya padahal sudah sinkronisasi semester 2/genap 2013-2014, silakan cek data periodik sekolah, apakah sudah di isi dengan lengkap.
    • Selanjutnya adalah waktu sinkronisasi yang sukses yang terakhir dilakukan. Bisa dilihat, dan ternyata masih ada yang melakukkannya secara offline(upload DATABASE), padahal sinkronisasi online sudah bisa. Perhatikan tanggal sinkronisasi di bawah. dan media/cara sinkronisasinya

    cek hasil sinrkonisasi


    • Nama siswa di progress pengiriman. Banyak kasus yang terjadi yaitu data siswa menjadi ganda. Kasus ini belum diketahui apa penyebabnya. Lainwaktu akan saya update, jika sudah tahu.
    • Selain itu masih banyak data siswa yang kurang lengkap, yaitu NIK, termasuk sekolah saya hehe. untuk kasus ini bingung juga, operator sudah membagikan format pengisian, namun orangtua siswa malah tidak mengisinya. 


    data siswa ganda di progress pengiriman


    • Perhatikan juga data PTK, disinilah yang banyak bermasalah, saya kurangtahu, apakah operator yang malas untuk memperbaharui data PTK yang ada atau memang tidak tahu. Lihat gambar di bawah, bandingkan dangan gambar di bawahnya.

    Data PTK rancu/tidak dibenahi.
    Data PTK di progress yang benar

    Dari gambar 1 (bisa dilihat di sini asal sekolahnya ) Jenis PTK adalah lainnya, seharusnya Guru Kelas, Guru mata pelajaran atau Tenaga Adminsitrasi sekolah (gambar 2). 

    • Masih ada operator yang tidak mengupdate/ NIP dengan NIP yang baru. termasuk NIK (Nomor Induk Kependudukan PTK)


    Silakan perbaiki diaplikasi dapodik mengenai data PTK ini. Saya kurang paham apakah data-data ini akan berpengaruh nantinya terhadap tunjangan profesi guru yaang bersangkutan jika datanya masih amburadul. Jangan sampai lagi operatordisalahkan gara-gara masalah ini. Oke mungkin cukup disitu dulu. Pada post selanjutnya akan saya tulisan mengenai pengecekan offline pengisian dapodik lewat menu unduh excel dapodik.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar